Hai Sobat Otomotif
Motor 2-tak Yamaha memang sempat menjadi idola di masanya.
Yamaha memiliki beberapa jagoan motor 2-tak seperti RX-King,F1ZR dan Masih Banyak Lagi
Yamaha F1ZR memiliki tampilan slim kencang dan banyak digunakan di event balap road race.
Selain itu Motor ini juga Banyak Dicari oleh sebagian orang.. karna Terkenal Motor bandel.
Menurut pengakuan beberapa orang, mereka memilih F1ZR karena mesinnya Mudah di korek
Nah Berikut Sudah Admin Rangkum
Sejarah Yamaha F1ZR si Bebek 2 Tak Masa Kini
Generasi Pertama Force 1 1992-1994
Perjalanan bebek sport ini dimulai pada 1992. Kala itu Yamaha Indonesia yang masih berdiri dengan nama PT Yamaha Motor Kencana Indonesia,
meluncurkan Yamaha Force 1 (F1).
Secara desain, tentu dibuat lebih modis dan bagus dari Alfa. Force 1 masih menggunakan sistem pendingin YPCS (Yamaha Performance Cooling System).
Teknologi yang lebih dulu diterapkan terhadap pendahulunya.
Motor ini dibekali pelek jari-jari dan rem tromol depan-belakang. tipe Force 1 berlangsung selama 3 tahun (hingga 1994).
Yamaha Force 1 ini merupakan penerus dari Yamaha Alfa bermesin 105cc yang lebih dahulu diperkenalkan pada akhir tahun 80-an
Pada tahun 1994 juga diperkenalkan tipe facelift.
Kemunculan Yamaha F1Z 1995-1996
Di tahun 95 & 96, Yamaha mulai Merilis F1Z. Nama Z di situ nyatanya hanya mendapatkan ubahan minim. Bentuk tubuhnya pun tak ada perubahan. Hal baru cuma terletak pada sektor kaki-kaki depan. Yamaha memasangkan cakram depan, sebagai bagian perangkat penghenti laju
YMKI juga merilis Yamaha F1Z Special Edition, tepatnya pada tahun 1996. Perbedaannya juga tidak banyak.
Cuma ada behel pegangan di jok belakang dan penambahan aksen krom di beberapa bagian.
Generasi terakhir F1Z mengadopsi transmisi full clutch. Sudah menggunakan kopling tangan manual untuk melakukan perpindahan gigi.
generasi kedua umurnya hanya setahun. Khusus untuk F1Z kopling.
Yamaha F1Z R Kopling Banci Semi Otomatis dan Non Kopling (1997-1999)
Tahun 1997 baru diluncurkan Yamaha F1ZR
Motor ini terlihat sporty dari bentuk tubuh yang meruncing di bagian depan. Desain headlamp, juga lebih besar ketimbang versi F1Z.
Yamaha F1ZR meluncurkan beberapa Tipe Mulai Kopling Banci,Semi Otomatis dan Non Kopling.
Untuk Kopling Banci sudah dilengkapi kopling manual, tetapi koplingnya masih semi otomatis, banyak orang menyebutnya dengan julukan "kopling banci".
Fungsi kopling meringankan pergantian gigi saja. Padahal, perpindahan gigi tetap bisa dilakukan tanpa harus menarik tuas kopling.
Merujuk pada model sebelumnya, F1ZR dengan kopling banci ini sepertinya menjadi bahan pembanding bagi F1Z versi manual clutch.
Motor ini Juga Menggunakan Velg Jari jari serta rem cakram didepan.
Untuk Mesin tetap 110cc.
Menggunakan Sistem pendinginan Udara dan kipas
Yamaha F1Z R Full Clutch 2000-2004
Pada tahun 2000, PT. Yamaha Indonesia (YIMM) sebagai produsen, melakukan perombakan besar di F1ZR. Desainnya terlihat lebih modern yang didukung dengan penggunaan pelek bermodel racing.
Selain itu, model ini sudah mengaplikasi full clutch atau kopling manual konvensional.
Motor ini Mempunyai banyak Variant
Warna,karna Setiap tahun terus Berganti.
Spek Mesin dan Fitur lainnya tetap sama
Menggunakan
Transmisi: Manual, 4 percepatan (N-1-2-3-4)
Dan Sistem pengapian: CDI
Yamaha FiZ R Limited Edition dan Special Edition
Disamping itu Yamaha Juga Meluncurkan beberapa F1Z R Variant limited edition
Diantaranya
FiZ R Caltex
FiZ R Marlboro
Dan FiZ Milenium
Motor ini Tetap Mengusung Mesin dan Komponen yg sama,
Yg berbeda hanyalah Variant Warna.
FiZ R Limited Edition merupakan FiZ R yg banyak Dicari Oleh sebagian besar orang.
Yamaha F1ZR distop Produksinya pada tahun 2004 dan Terakhir Dipasaran di Tahun 2005
Kemudian digantikan oleh Yamaha Vega R, yang sudah menggunakan mesin 4-tak.
0 Komentar