Generasi Satria 120 2Tak Lumba/Hiu - Bebek Sport 2Tak Legendaris


Hai Sobat Otomotif - Suzuki Satria 2tak, merupakan salah satu bebek yang paling disukai kalangan anak muda pada zaman Sekarang.
Dan Cukup Populer dizaman dulu

Selain dikenal kencang, desainnya juga cukup menarik dengan sasis twinspar dan suspensi monosok.
Satria 2tak Mulai Muncul Tahun 1997 dan Berakhir tahun 2005


1. Suzuki Satria 110 S (1997- 1999)


Seri pertama Suzuki Satria ini diluncurkan pada tahun 1997, dibekali mesin basis RG Sport 
yakni 110 cc 2-tak berpendingin udara, menggunakan monoshock dan transmisi 5-percepatan semi otomatis.

Dari segi desain, Suzuki Satria 120 S ini punya tampilan seperti motor bebek pada umumnya.

Tapi Satria S ini merupakan bebek pertama di Indonesia yang menggunakan mesin tegak.

Bagian pelek menggunakan Velg jari jari
Serta Rem cakram dan Rem Tromol
Versi ini memiliki nama ‘Satria Lumba-Lumba’.
Kemudian
Rangkanya menggunakan tipe kotak yang cukup canggih di kelas bebek,
dibuat dengan sistem analisis computer SCAF (Suzuki Computer Analyzed Frame). Bobotnya hanya 102,3 kg saja.


2. Suzuki Satria RU 120 R (1998-2000)


Kehadiran dari Satria 120 S kurang responsif pada tarikan awal,
maka Suzuki Indonesia pada tahun 1998 membuatkan tipe baru dalam keluarga Suzuki Satria, yaitu Satria 120 R.

Menggunakan 6 percepatan dan sudah kopling Tangan/ manual
Motor ini tetap Mengusung mesin yang sama, namun pada sistem transmisi berubah menjadi 6 percepatan, yang awalnya pada sistem perseneling menggunakan sistem rotary, diganti dengan model sport.
Yaitu, gigi 1 ke depan dan gigi 2 sampai 6 ke belakang.

Yang Sebelumnya, gigi 1 sampai 5 ke depan semua.


Sehingga, tarikan awal motor ini lebih responsif.
Jika Satria 120 S ada elektrik starternya, pada Satria RU 120 R elektrik starter dilepas dan hanya menggunakan kick starter saja.


3. Suzuki Satria RU 120 R Double Cakram (2000–2003)


Seiring berkembangnya zaman dan tren di anak muda millenial awal, Satria RU 120 R kali ini tampil dengan desain yang menyesuaikan.
pada periode ketiga tersebut motor ini menambahkan double disc brake di bagian pengeremannya.

Bukan cuma itu, hadirnya motor ini dengan livery Movistar ditambah pelek palang, semakin mendongkrak tampilan Satria RU 120 R.

Nama Satria Lumba-Lumba sebagai julukan motor ini semakin tenar di kalangan anak muda kala itu.


4. Suzuki Satria RU 120 LSCM/Hiu (2004-2005)


Generasi terakhir, Suzuki Satria  2-tak ini mendapat perubahan total dari segi desain.

“Revisi di sektor tersebut membuat tampilan Suzuki Satria menjadi lebih agresif dan sporty.
Motor ini lebih dikenal dengan julukan ‘Satria Hiu’
Satria hiu sendiri didatangkan secara CBU dari Suzuki Lion Malaysia,

Satria Hiu memiliki bodi yang sama sekali beda. Headlamp menyipit, dan  bodi depan lebih ramping.
Menariknya versi ini juga dilengkapi takometer.

Untuk Mesin tetap seperti sebelumnya ,tapi tenaganya meningkat jadi 15 dk. Transmisinya tetap kopling manual 6 percepatan.

Tahun 2005 menjadi tahun terakhir Satria 2 tak dijual di Indonesia, karena setelahnya diteruskan oleh Satria F150 4 tak yang berkode FU.
Motor yang sering disapa Satria Hiu ini tidak bertahan lama beredar di Indonesia, meskipun respon masyarakat terhadap motor ini sangat baik.
karena pada waktu itu pemerintah melarang penjualan motor-motor 2-tak di Indonesia.

Posting Komentar

0 Komentar