Motor Bermesin Injeksi Pertama di Dunia, Sudah Pakai Turbo! Honda CX500 Turbo

Hai sobat Otomotif
Cara kerja motor injeksi sebenarnya tidak jauh berbeda dengan yang masih menggunakan karburator, 
yaitu sama sama berfungsi untuk memproses bahan bakar ,
dan biasanya ,motor motor yang sudah menggunakan teknologi fuel injeksi,
umumnya bahan bakar yang digunakan lebih irit, dan juga ramah lingkungan.

Seperti apakah motor yang pakai mesin injeksi pertama kali di dunia?

Meski di Indonesia teknologi motor injeksi baru booming beberapa tahun ke belakang, sebenarnya teknologi injeksi pada motor sudah lama ada.

 ternyata teknologi injeksi itu sudah digunakan sejak tahun 1980 an.
Motor yang pertama kali memakai teknologi injeksi adalah Honda CX500 Turbo.
Di Indonesia sendiri teknologi injeksi mulai boming sekitar 20 tahunan.

Penemu teknologi injeksi bernama Robert Bosch
di tahun 1927 yang digunakan untuk mesin diesel. 
Sedangkan untuk di kendaraan pertama, diterapkan pada pesawat Messer schmitt BF-109 pada tahun 1939.

Honda CX500 Turbo
Motor ini sudah pakai mesin injeksi sejak tahun 1982, teknologi tercanggih pada masanya bahkan hingga saat ini.

Honda CX500 Turbo atau biasa dikenal Honda CX500TC, 
adalah motor pertama Honda yang memakai Turbocharger.

Honda CX500 Turbo memiliki basis yang sama dengan Honda CX500, namun lebih canggih.
Honda CX500 sudah dibekali mesin 497 cc V-Twin pertama Honda, 
dengan 4 katup per silindernya.

Saat Honda merancang motor 500 cc, mereka mengumumkan ke pabrikan lain,
jika mesin 500 cc Honda dapat dipasang turbocharger.

ide gila Honda tertuju kepada CX500, karena mesinnya dianggap cocok pada masa itu.
Selama merancang CX500 Turbo, Honda kesulitan membangun mesin V-Twin CX500, dengan sistem turbo.

Dengan kerja keras, Honda berhasil membangun motor pertama di dunia yang memakai turbocharger.

Sejalan dengan pengembangan CX500 Turbo, 
Honda mematenkan 230 hasil riset dari motor ini.

Turbocharger terletak di depan mesin untuk meningkatkan kapasitas pendinginan saat kendaraan bekerja.

Teknologi turbo disematkan untuk memberi tenaga tambahan pada motor yang cuma berkapasitas mesin 497 cc.

Jadi, meskipun kapasitas mesinnya tergolong tanggung,
jangan pernah remehkan soal tenaga yang mampu dikeluarkannya.
 
Dengan kapasitas mesin hanya 500 cc, Honda CX500 Turbo mampu menghasilkan tenaga 82 daya Kuda, 
setara dengan motor berkapasitas 650 cc lebih ,tanpa turbocharger.

Konsep motor ini memang motor kecil ,
Namun punya kemampuan setara dengan motor besar ,berkapasitas 1.000 cc.
 Makanya kita pasangkan turbocharged, yang memberikan hampir 50 % daya tambahan kepada mesin.

CX500 Turbo dilengkapi dengan suspensi belakang Pro-Link dan sistem TRAC untuk mengendalikan torsi.
(Torque Reactive Anti-dive Control)
Pada tahun 1982 Honda CX500 Turbo secara resmi dijual.
Seperti namanya, motor ini dilengkapi dengan teknologi turbocharged.

 Dan ini juga menjadi motor produksi massal pertama yang memakai turbocharged.
 
Mengusung sistem bahan bakar injeksi, yang jadi cikal bakal teknologi PGM-FI,
 Dan sekarang banyak diadopsi di motor Honda.

Honda CX500 Turbo masih menjadi salah satu motor paling menarik, dalam sejarah hingga hari ini.

Evolusi Turbo CX500 adalah salah satu contoh paling mencolok, jika Honda selalu berusaha untuk maju dalam teknologi motor.

CX500 Turbo sengaja dibuat oleh Honda sebagai motor super, mungkin setara dengan RC 213V-S , yg ada pada saat ini.

Bukan cuma mengusung mesin injeksi, Honda juga membekali dengan mesin, berkonvigurasi V dua silinder.

Ini kali pertama Honda membuat mesin berkonvigurasi V ,pada sepeda motor.
Makanya, motor ini sangat spesial.

Selain berdesain sporty, mesin yang digendongnya juga berdimensi besar dan padat, 
bikin ngiler penggila motor-motor super.

Sayangnya umur CX500 Turbo tidak bertahan lama.

Sebab, pada tahun 1983 atau satu tahun setelah peluncurannya,
 Honda menambah kapasitas mesin menjadi 674 cc.

Otomatis, produksi untuk CX500 Turbo dihentikan,
dengan CX650 sebagai penerusnya.

Untuk motor di Indonesia, yang pertama menggunakan teknologi injeksi adalah Honda Supra, 
saat itu namanya Honda Supra X125 PGM-FI yang diluncurkan oleh PT Astra Honda Motor, pada tahun 2005.

motor yang menggunakan teknologi injeksi masih belum dikenal oleh masyarakat Indonesia, mungkin karena masih asing, sehingga masyarakat masih memilih motor yang menggunakan karburator.

Memasuki tahun 2013, pemerintah mewajibkan semua motor harus menggunakan teknologi injeksi, tujuannya untuk mengurangi polusi udara, sehingga tahun 2013 boleh dibilang sebagai eranya motor injeksi di Indonesia.


Sekian Dan Terima Kasih

Posting Komentar

0 Komentar