Perjalanan Yamaha RXZ 135 Dari Tahun ke Tahun

Hai Sobat Otomotif
Yamaha termasuk pabrikan yang cukup banyak mengelurkan motor 2Tak terutama kelas motor sport.
Bagi mereka yang pernah merasakan kejayaan motor era 90-an pasti kenal dengan Yamaha RX-Z.
Motor berkapasitas 135 cc yang menjadi saudara RX-King.
Motor ini pertama kali meluncur di Indonesia pada akhir tahun 80-an yang menargetkan pasar konsumen untuk pecinta motor sport.
Motor ini juga Sangat Populer dinegara Malaysia dan Singapura.

Yamaha RXZ 135 merupakan sepeda motor legendaris yang tidak bisa dilupakan oleh biker Indonesia. Pada masanya motor ini menjadi salah satu motor populer, dan performanya sangat disegani.
Saat itu saingannya adalah kawasaki AR 125 & Suzuki RGR 150 (era 1987-1994). Walaupun RXZ 135 mengusung teknologi mesin tahun 80-an, tapi kenyataannya motor ini sanggup bersanding dengan kawasaki ninja 150 yang notabene mengusung teknologi mesin mutakhir.

Nah Berikut Sudah Saya Rangkum
Perjalanan Yamaha RXZ 135 dari tahun ke tahun

Yamaha RXZ ini Lahir pada tahun 1985 dan mulai Masuk ke Indonesia tahun 1987.
Keluaran pertama ini
di bekali dengan mesin 5 percepatan,
Ciri Khas RxZ pertama adalah Headlamp-nya yg berbentuk Kotak namun kecil. Dan Knalpot yg Masih Berwarna hitam semua ,belum dipakai Tameng knalpot.
Serta Engine cover dibagian bawah.
Motor ini Masih menggunakan Rem Tromol didepan Dan Belakang,

pada tahun 1986 RX-Z hadir lagi ,Motor ini sudah Dilengkapi Rem cakram didepan, untuk bagian lainnya tetap sama menggunakan 5 percepatan,
Serta terdapat Banyak Perubahan warna,
Sampai Tahun 1990
RXZ ini juga Disebut Julukan RXZ ENERGI 5 Speed.

Generasi Kedua
Menjelang tahun 90 an yakni 1989 Yamaha mulai Memproduksi dan mengeluarkan RXZ dengan 6 percepatan, hampir bersamaan dengan keluarnya Yamaha RZR.
Motor ini Sudah Terlihat modern Dengan Variant warna yg bermacam macam,
Perbedaan terdapat Pada knalpot yg Semula Berwarna Hitam sekarang Ditambah Warna Silver dibagian Silincer, 
Bentuk Headlamp-nya masih Berbentuk kotak diperbesar dan bentuk Visor dibuat lebih tinggi,
Selanjutnya pada tahun 93 sampai 96 bentuk masih sama namun ada perbedaan di warna yg bermacam macam.
Kemudian pada tahun 1998 shock Depan RXZ dibuat Lebih New dan modern Dengan Seal shock Tertutup dibagian dalam.
RXZ ini juga Disebut Julukan RXZ BOSS ENERGI sampai RXZ Boss Yahoo.

Generasi ke ketiga
memasuki era milenium 2000 motor ini tampil dengan perpaduan warna yang semakin menarik atau Dual tone.
Bagian Headlamp-nya masih kotak. Disebut Juga RXZ Milenium.
Perbedaan terdapat pada shock belakang yg semula berwarna hitam Diganti warna Merah, agar terlihat keren.
Pada bagian knalpot Juga Sudah Dilengkapi Catalyzer Namun Belum ada Tameng knalpot.
Untuk Bagian Lainnya masih sama Hanya dibuat lebih Modern dengan Warna yg Mencolok.
RXZ ini terdapat warna Merah dan Kuning.

RXZ Catalyzer 
Pada Tahun 2001
motor ini pertama kalinya memakai catalic Converter yakni untuk mengurangi emisi gas buangnya.
Pada Bagian Knalpot Dipakai Tameng mini warna Chrome
Terus Bagian Headlamp depan Diganti Bentuk Barong.. yg Semula berbentuk kotak.
Lampu Sein juga Digabung dengan Headlamp.
Lampu Belakang juga Dibuat Lebih ramping dan modern.
RXZ CATALYZER Terus Memproduksi dengan variant warna yg Bermacam macam
Sampai tahun 2011 stop Produksi

Posting Komentar

0 Komentar